Prosedur Teknis Lintas Alam adalah pedoman wajib. Ini berlaku untuk semua kendaraan yang berkompetisi di Medan Berat. Regulasi ini memastikan bahwa mobil atau motor memiliki ketahanan. Serta, harus mampu melewati kondisi ekstrem seperti lumpur, gurun, atau bebatuan.
Setiap mobil reli dan offroad harus melewati scrutineering. Prosedur Teknis Lintas Alam ini sangat mendetail. Fokus utamanya adalah pada keamanan struktural. Terutama Struktur Rangka Mobil dan suspensi yang harus sangat kokoh dan kuat.
Regulasi Offroad menetapkan standar minimum untuk roll cage. Ini adalah kerangka pelindung di dalam kabin. Roll cage harus mampu melindungi kru. Terutama jika terjadi terguling di Medan Berat dengan kecepatan tinggi. Keselamatan adalah prioritas nomor satu.
Sistem navigasi dan komunikasi juga menjadi fokus. Prosedur Teknis Lintas Alam mengharuskan perangkat GPS dan radio berfungsi sempurna. Ini penting untuk pelacakan. Selain itu, untuk komunikasi darurat di area terpencil selama Kompetisi Rally berlangsung.
Regulasi Offroad sangat ketat mengenai modifikasi suspensi. Travel suspensi yang tinggi dan penggunaan shock absorber khusus diizinkan. Namun, mereka harus sesuai dengan spesifikasi kelas. Tujuannya adalah menjaga kesetaraan teknis.
Ban yang digunakan juga harus memenuhi Prosedur Teknis Lintas Alam. Ban harus mampu mencengkeram. Ini berlaku untuk permukaan licin atau pasir tebal. Penggunaan ban dengan pola tapak dan ukuran yang ilegal dapat berujung diskualifikasi.
Untuk Kompetisi Rally jarak jauh, faktor daya tahan sangat diuji. Struktur Rangka Mobil harus mampu menahan getaran. Selain itu, juga harus menahan benturan berulang. Scrutineering memastikan integritas material kendaraan.
Prosedur Teknis Lintas Alam juga mengatur perangkat pemulihan. Setiap mobil wajib membawa peralatan keselamatan. Misalnya, tali derek, sekop, dan kotak P3K lengkap. Peralatan ini vital untuk mitigasi risiko di Medan Berat.
Kepatuhan terhadap Regulasi Offroad ini menjamin persaingan yang adil. Ini adalah duel antara ketangguhan teknik dan keterampilan pengemudi. Hanya mobil yang paling disiapkan yang dapat menyelesaikan Kompetisi Rally.